9 Universitas Negeri Terbaik Di Indonesia

9 Universitas Negeri Terbaik Di Indonesia

  • Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia menempati ranking pertama dalam daftar universitas terbaik di Indonesia 2016-2017. Kampus yang identik dengan Yellow Jacket ini merupakan universitas tertua di Indonesia yang sudah hadir sejak tahun 1849.

Dalam daftar Universitas Terbaik di Dunia, Universitas Indonesia menempati ranking 325, naik dari posisi tahun sebelumnya di peringkat 358. Dan UI juga terdaftar Universitas Terbaik di Asia 2016, UI menempati peringkat 67.

Kampus UI berpusat di Depok, Jawa Barat dan Salemba, Jakarta Pusat. Perpustakaan UI dinilai sebagai salah satu perpustakaan terbesar di Indonesia dengan kapasitas 1,5 juta buku.

 

  • Institut Teknologi Bandung (ITB)

Insititut Teknologi Bandung (ITB) terletak di Bandung, Jawa Barat. Kampus Ganesha ini menempati ranking 401-410 di jajaran universitas terbaik di dunia versi QS World University Ranking 2016/2017.

Adapun di level Asia, Institut Teknologi Bandung (ITB) menempati peringkat 86. Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) pada mulanya didirikan pada tahun 1920 sebagai bagian dari Delft Institute of Technology, Belanda. Institut Teknologi Bandung (ITB) banyak menghasilkan insinyur dan pakar-pakar perminyakan dan arsitektur hebat. Di jajaran sekolah teknik, Institut Teknologi Bandung (ITB) masuk di kelompok 300 terbaik di seluruh dunia.

 

  • Universitas Gajah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) yang berlokasi di Yogyakarta ini juga merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. UGM yang juga sering dikenang sebagai Kampus Ndeso ini tercatat di peringkat 501-550 di daftar QS World University Rankings dan peringkat 105 di daftar universitas terbaik Asia.

Universitas Gajah Mada (UGM) berdiri sejak tahun 1949 dan menjadi universitas terbesar di Indonesia saat ini. Kampus yang berpusat di kawasan Bulaksumur ini menjadi tempat mencari ilmu kurang lebih 50.000 mahasiswa yang tersebar di 18 fakultas, termasuk 1.187 mahasiswa asing.

 

  • Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga biasa disebut dengan nama Unair, terletak di Surabaya, Jawa Timur. Universitas Airlangga secara resmi berdiri sejak tahun 1954. Namun, latar belakang kelahiran Unair sebenarnya sudah berjalan sejak tahun 1847. Ketika itu, pemerintah kolonial Belanda berniat mendirikan sekolah khusus kedokteran sehingga pada 2 Januari 1849, berdirilah NIAS atau Nederlandsxh Indische Artsen School sebagai sekolah pendidikan dokter di Surabaya, Jawa Timur.

Sekolah inilah yang menjadi cikal bakal Universitas Airlangga. Saat ini, jumlah mahasiswa yang menuntut pendidikan di Unair kurang lebih 40.000 mahasiswa.

Universitas Airlangga menempati peringkat 190 dalam daftar QS University Ranking di Asia.

 

  • Intitut Pertanian Bogor (IPB)

Institut Pertanian Bogor (IPB) berdiri sejak 1 September 1963. Sekolah tinggi yang memiliki spesialisasi sebagai sekolah pertanian ini terlahir dari visi para pemimpin bangsa yang menilai Indonesia membutuhkan sekolah berkualitas yang mampu melahirkan para ahli di bidang pertanian, bioscience dan berbagai bidang keilmuan yang terkait.

Sebelum resmi berdiri sebagai universitas yang mandiri, IPB adalah bagian dari Universitas Indonesia fakultas pertanian. Saat ini IPB memiliki 9 jurusan studi, 1 pascasarjana, sekolah bisnis dan program diploma.

IPB menempati peringkat 191 universitas terbaik di Asia dan kelompok urutan 51-100 di jajaran perguruan tinggi di segmen pertanian dan kehutanan terbaik.

 

  • Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro berdiri sejak tahun 1957 sebagai perguruan tinggi swasta dengan nama Universitas Semarang.

Namun, pada tahun 1961, Presiden RI Soekarno memberi nama Universitas Diponegoro dan akhirnya perguruan tinggi ini bersalin status sebagai universitas negeri. Undip saat ini berada di peringkat kelompok 231-240 universitas terbaik di Asia.

 

  • Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah kampus yang terletak di Surabaya, Jawa Timur.Berdiri sejak 10 November 1957. Mirip dengan ITB, kampus ini memiliki spesialisasi sebagai kawah candradimuka yang melahirkan para ahli dan pakar di bidang sains dan teknologi.

Kampus ITS terbagi atas beberapa bagian kawasan, yaitu di Sukolilo seluas 180 hektare, lalu kampus Manyar seluas 5.000-an meter persegi dan kampus ITS Cokroaminoto seluas 4.000 m2. ITS saat ini memiliki 8 fakultas dan akan menjadi 10 fakultas pada September 2017 nanti.

ITS menempati peringkat 251-300 di Asia menurut versi QS University Ranking Asia.

 

  • Universitas Muhammadiyah Surakarta

Inilah universitas swasta yang menyodok ke jajaran 10 besar universitas terbaik di Indonesia. Mengutip website QS University Ranking, UMS berada di jajaran 251-300 jajaran universitas terbaik di Asia.

UMS sejauh ini tercatat sebagai salah satu dari 164 perguruan tinggi yang dikelola oleh PP Muhammadiyah. Saat ini, Universitas Muhammadiyah Surakarta memiliki 11 fakultas, 44 diploma dan doktoral studies, dan berbagai macam pilihan studi lain yang bisa dipilih oleh mahasiswa.

 

  • Universitas Brawijaya (UNBRAW)

Universitas Brawijaya berada di Malang, Jawa Timur. Perguruan tinggi ini berdiri sejak tahun 1963. Saat ini, Universitas Brawijaya atau biasa disebut juga dengan nama Unibraw memiliki 11 fakultas.

Pada 2016/2017, QS University Rankings Asia menempatkan Unibraw di kelompok peringkat 301-350 jajaran universitas terbaik di benua Asia.

Share this post

Comment (1)

  • Joe Doe Reply

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Nam viverra euismod odio, gravida pellentesque urna varius vitae, gravida pellentesque urna varius vitae.

    Juni 28, 2016 at 1:04 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *